Halaman

Rabu, 30 Oktober 2019

Permainan Untuk Acara Pesantren Kilat Yang Menarik

Permainan untuk acara pesantren kilat dihadirkan sebagai langkah agar kegiatan tersebut menjadi tidak membosankan. Pesantren kilat sendiri merupakan sebuah kegiatan yang biasa dilakukan ketika datang bulan Ramadhan. Hal yang menarik dari kegiatan ini ialah pembelajaran ala pesantren yang dilakukan dalam beberapa hari saja. Pesantren Kilat (Sanlat) kebanyakan dilakukan oleh sebuah institusi pendidikan, dalam hal ini sekolah. Di dalamnya terdapat tujuan serta materi yang akan diberikan dalam kegiatan pesantren. Ada banyak sekali materi yang biasanya diberikan. Materi yang dimaksud disesuaikan dengan kebutuhan. Di mana berkaitan dengan keimanan dan ketakwaan sebagai bekal pada peserta Sanlat. Namun, metode dan caranya tergantung orang yang menyelenggarakan Sanlat tersebut.


 

Agar siswa tidak merasa bosan dalam kegiatan tersebut. Maka harus punya siasat di dalam kegiatannya. Salah satunya ialah dengan menggunakan permainan ketika acara pesantren dilakukan. Game marontoto tidak tepat untuk dicoba, lebih baik permainan yang didalamnya terdapat nilai pelajaran. Berbicara mengenai permainan pada kegiatan pesantren kilat. Ada banyak sekali yang bisa anda pilih. Ada beberapa jenis permainan, mulai dari yang sifatnya kuis, kerja sama atau bisa pula permainan yang mengasah pemahaman mengenai agama. Banyak yang bisa dicoba. Sebagai alternatif dan bisa digunakan untuk contoh semisal. Game dengan nama Jalan Menuju Ilahi. Sistem permainan sederhana hanya dengan spidol kemudian seseorang maju dan mata ditutup. Teman harus mengarahkan untuk bisa membuat garis sampai ke tujuannya.

Nah, apa yang dibagikan tersebut adalah sebuah contoh saja. Itu hanya salah satu bentuk permainan yang bisa dicoba dalam kegiatan pesantren Ramadhan. Yang harus anda pahami ialah apa hasil dari setiap permainan. Jadi di dalam sebuah game ada yang namanya value atau nilai yang terkandung dalam game tersebut. Usahakan game anda selalu ada nilai pelajaran yang diambil. Dengan begitu, meski permainan hanya sebagai jeda atau hiburan. Namun tetap, ada pelajaran yang bisa dipetik oleh seluruh peserta. Jadi permainan dilakukan bisa mengarah pada tujuan diadakannya pesantren kilat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar