Halaman

Jumat, 11 Oktober 2019

Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah Berpengaruh pada Pembelajaran Anak!

 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah Berpengaruh pada Pembelajaran Anak! Ya, ini adalah sebuah penemuan baru dari para ahli. Bagaimana lingkungan rumah mempengaruhi pembelajaran anak-anak?

Dengan mengacu pada Subtema 1 bermain di lingkungan rumah, ini akan mempengaruhi kemampuan membaca dan berhitung anak seperti yang diukur di kelas 3. Penelitian mengidentifikasi empat dimensi luas dari lingkungan belajar di rumah anak-anak:

  • kegiatan rumah, termasuk mengajar anak sebuah lagu, bermain game, dan melakukan kegiatan seni dan kerajinan;
  • jumlah hari per minggu pengasuh utama atau orang dewasa dalam keluarga membacakan untuk anak itu;
  • jumlah buku anak-anak di rumah anak; dan
  • kegiatan di luar rumah, termasuk mengunjungi perpustakaan atau kebun binatang, pergi piknik, dan menghadiri acara olahraga.

Sebagian besar keluarga sering melibatkan anak-anak mereka dalam berbagai kegiatan di seluruh dimensi ini. Namun, pola yang berbeda diamati di berbagai kelompok sosial. Keluarga di rumah tangga dengan posisi sosial ekonomi rendah, tinggal di lingkungan yang kurang beruntung. Studi ini mengidentifikasi berbagai hubungan antara lingkungan belajar di rumah anak-anak pada usia 2-3 dan hasil belajar Tahun 3 mereka pada usia 8-9:

Frekuensi kegiatan rumah anak-anak ketika mereka berusia 2–3 tahun terkait dengan kinerja membaca dan berhitung. Di Tahun ke 3, anak-anak yang terlibat dalam kegiatan ini mencapai skor pembacaan dan angka numerik yang lebih tinggi. Frekuensi kegiatan out-of-home anak-anak dikaitkan dengan perbedaan dalam skor pembacaan dan berhitung NAPLAN pada Tahun ke 3. Anak-anak yang memiliki lebih dari dua kegiatan di luar rumah pada usia 2–3 tahun di bulan sebelum wawancara dicapai hasil yang lebih tinggi.

Dengan mengacu pada Subtema 1 bermain di lingkungan rumah yang dipelajari oleh siswa sekolah dasar. Hal ini akan merangsang perkembangan bahasa yang lebih baik dan kesiapan sekolah di 4-5 tahun yang pada gilirannya. Dikaitkan dengan kinerja akademik yang lebih baik di Tahun 3. Lingkungan belajar di rumah awal memiliki "asosiasi langsung" positif pada hasil akademik anak di Tahun ke 3. Terlepas dari perkembangan kognitif anak-anak dan kesiapan sekolah yang diukur pada 4-5 tahun. Namun semua itu tidak akan mempengaruhi perkembangan Dprtoto. Karena para penikmatnya bukan anak-anak di bawah umur. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar